Tuesday 8 August 2017

Nisfu Sya Ban Hukum Forex


Segala Puji hanyalah bagi Allah yang telah menyempurnakan agama-Nya bagi kita, dan mencukupkan Nikmat-Nya kepada kita, semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan kepada Junjungan kita Nabi Besar Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam pengajak ke pintu tobat dan pembawa rahmat. Amma ba8217du: Sesungguhnya Allah telah berfirman: 8220Artinya. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Kuridhoi Islam sebagai agama bagimu.8221 Al-Maidah: 3 8220Artinya. Apakah mereka mempunyai sesembahan-sesembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diridhoi Deus Sekirannya tak ada ketetapan yang menentukan (dAllah) tentulah mereka sudah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang zhalim itu akan memperoleh adzab yang pedih.8221 Asy-Syura. 21 Dari Aisyah radhiallahu 8216anha dari Nabi Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda, 8220Barangsiapa mengada-adakan Suatu perkara (agama dalam) yang ada sebelumnya Belum pernah, maka ia tertolak.8221 Dalam lafazh muçulmana: 8220Barangsiapa mengerjakan perbuatan yang tidak kami perintahkan (dalam agama), maka ia tertolak.8221 Dalam Shahih muçulmana dari Jabir radhiallahu 8216anhu bahwasanya Nabi pernah bersabda dalam khutbah Jum8217at: ba8217du Amma, sesungguhnya sebaik - baik perkataan adalah Kitab Allah (Al-Qur8217an), dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam, dan sejahat-Jahat perbuatan (dalam agama) ialah yang diada-adakan, dan setiap bid8217ah (yang diada-adakan) itu adalah sesat.8221 Masih banyak lagi Hadits-Hadits yang Hadits Senada dengan ini, hal mana semuanya menunjukkan dengan Jelas, Bahwasanya Allah é um homem que não gosta de um homem. Dia telah mencukupkan nikmat - Nya bagi mereka Dia tidak mewafatkan Nabi Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam kecuali sesudah beliau menyelesaikan tugas penyampaian risalahnya kepada UMAT dan menjelaskan kepada mereka Todos Cronometram syariat Allah, baik melalui ucapan maupun pengamalan. Beliau menjelaskan segala sesuatu yang akan manusia Oleh sekelompok diada-adakan sepeninggalnya dan dinisbahkan kepada ajaran Islam baik berupa ucapan maupun perbuatan, semuanya itu bid8217ah yang tertolak, meskipun niatnya baik. Para o shahabat dan ulama8217 mengetahui o ini do fim, maka mengingkari perbuatan-perbuatan bid8217ah que memperingatkan kita darinya. Hal itu disebutkan oleh mereka yang mengarang tentang pengagungan sunnah pengingkaran dan bid8217ah, seperti Ibnu Wadhdhoh Ath Tharthusyi dan Abu Syaamah dan lain sebagainya. Di antara bid8217ah yang biasa dilakukan oley banyak orang ialah bid8217ah mengadakan upacara peringatan malam Nisfu Sya8217ban dan mengkhususkan pada hari tersebut dengan puasa tertentu. Padahal tidak ada satupun dalil yang dapat dijadikan sandaran, ada hadist-hadits tentang fadhilah malam tersebut tetapi hadits-hadits tersebut dlaif sehingga tidak dapat dijadikan landasan. Adapun hadits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan shalat pada hari itu adalah maudhu8217. Dalam hal ini, banyak di antara para 8216ulama yang menyebutkan tentang lemahnya hadits-hadits yang berkenaan dengan pengkhususan puasa dan fadhilah shalat pada hari Nisfu Sya8217ban, selanjutnya akan kami sebutkan sebagian dari ucapan mereka. Pendapat para ahli Syam di antaranya Hafizh Ibnu Rajab dalam bukunya 8220Lathaiful Ma8217arif8221 mengatakan bahwa perayaan malam Nisfu Sya8217ban adalah bid8217ah dan hadits-hadits yang menerangkan keutamaannya lemah. Hadits-hadits lema bisa diamalkan dalam ibadah jika asalnya didukung oleh hadits-hadits shahih, sedangkan upacara perayaan malam Nisfu Sya8217ban tidak ada dasar hadits yang shahih sehingga tidak bisa didukung dengan dalil hadits - hadits dhaif. Ibnu Taimiyah telah menyebutkan kaidah ini dan kami akan menukil pendapat parágrafo Ahli ilmu kepada Sidang pembaca sehingga masalahnya menjadi Jelas parágrafo ulama8217 telah bersepakat bahwa merupakan Suatu keharusan untuk mengembalikan segala apa yang diperselisihkan manusia kepada Kitab Allah (Al-Qur8217an) dan Sunnan Rasul (Al - Hadits), apa saja yang telah digariskan hukumnya oleh keduanya atau salah satu daripadanya, maka wajib diikuti dan apa saja yang bertentangan dengan keduanya maka harus ditinggalkan, serta segala sesuatu amalan ibadah yang belum pernah disebutkan adalá bid8217ah tidak boleh dikerjakan apabila mengajak untuk mengerjakannya atau memujinya . Alá berfirman dalam surat An-Nisaa8217: 8220Artinya. Hai orang-orang beriman, taatilah Deus dan taatilah Rasul-Nya, dan Ulil Amri (pemimpin-pemimpin) de antara kamu, maka jika kamu berselisih pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Deus (Al-Qur8217an) Benar-benar beriman kepada Alá dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.8221 An-Nisaa: 59 8220Artinya. Tentang sesuatu apapun kamu berselisih, maka keputusannya (terserah) kepada Alá (yang mempunyai sifat-sifat demikian) itulah Tuhanku. Kepada-Nyala aku bertawakkal dan kepada-Nyalah aku kembali.8221 Asy-Syuraa: 10 8220Artinya. Maka demi Tuhanmu, mereka (hakekatnya pada) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu Hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa sesuatu keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima sepenuhnya.8221 An-Nisaa. 65 Dan masih banyak lagi ayat-ayat Al-Qur8217an yang semakna dengan ayat - ayat di atas, merupakan nash atau ketentuan hukum yang mewajibkan agar supaya masala-masalah yang diperselisihkan itu dikembalikan kepada Al-Qur8217an dan Hadits, selain mewajibkan kita agar rela terhadap Hukum yang ditetapkan oleh keduanya (Al-Qur8217an dan Hadits). Demikianlah yang dikehendaki oleh Islão, merupakan perbuatan baik bagi seorang hamba terhadap Tuhannya, baik di dunia atau de akherat nanti, sehingga pastilah akan menerima balasan yang setimpal. Dalam pembicaraan masala malam Nisfu Sya8217ban Ibnu Rajab berkata dalam bukunya 8220Lathaiful Ma8217arif8221, 8220Para Tabi8217in dari ahli Syam (Síria, sekarang) seperti Khalid bin Ma8217daan, Makhul, Luqman dan lainnya pernah mengagung-agungkan dan berijtihad melakukan ibadah pada malam Nisfu Sya8217ban kemudian orang - orang Berikutnya, mengambil, keutamaan, dan pengagungan, itu dari mereka. Dikatakan bahwa meroka melakukan perbuatan demikian itu karena adanya cerita-cerita israelita, tatkala masalah itu tersebar ke penjuru dunia, berselisihlah kaum musmed ada yang menerima dan menyetujuinya ada juga yang mengingkarinya. Golongan yang menerima adalah Ahli Bashrah dan lainyya seang golongan yang mengingkarinya adalah mayoritas ulama Hijaz (Arábia Saudita, sekarang), seperti Atha8217 dan Ibnu Abi Malikah dan dinukil oleh Abdurrahman bin Zaid bi Aslam dari fuqaha8217 Madinah, yaitu ucapan Ashhabu Malik dan lain-lainnya. Mereka mengatakan bahwa semua perbuatan itu bid8217ah. Adapun pendapat ulama8217 ahli Syam berbeda dalam pelaksananya dengan dua pendapat: 1. Menghidup-hidupkan malam Nisfu Sya8217ban dalam masjid dengan berjamah adala mustahab (disukai Allah). Dahulu Khalid bin Ma8217daan dan Luqman bin Amir memperingati malam tersebut dengan memakai pakaian paling baru dan mewah, membakar menyan, memakai celak dan meroka bangun malam menjalankan shalatul lail di masjid. Ini disetujui oleh Ishaq bin Ruhwiyah, em: 8220Menjalankan ibadah di masjid pada malam itu secara jamaah tidak bid8217ah.8221 Adicionar ao Carrinho Adicionar à Lista de Desejos Adicionar para comparar Harbu Al-Kirmany. 2. Berkumpulnya manusia pada malam Nisfu Sya8217ban di masjid untuk shalat, bercerita dan berdo8217a adalá makruh hukumnya, tetapi boleh jika menjalankan shalat khusus untuk dirinya sendiri. Ini pendapat Auza8217iy Ímã Ahlu Syam, seqai ahli fiqh dan cendekiawan mereka. Insya Allah pendapat inilah yang mendekati kebenaran, sedangkanpendapat Imam Ahmad tentang malam tentang malam Nisfu Sya8217ban ini, tidak diketahui.8221 Ada dua riwayat sebagai sebab cenderungnya diperingati malam Nisfu Sya8217ban, dari antara dua riwayat yang menerangkan tentang dua malam hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Dalam satu riwayat berpendapat bahwa memperingati dua malam hari raya dengan berjamaah adalá tidak disunnahkan, karena hál itu belum pernah dikerjakan oleh Nabí Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam dan para shahabatnya. Riwayat lain berpendapat baah malam tersebut disunnahkan, karena Abdurrahman bin Yazid bin Aswad pernah mengerjakannya, dan ia termasuk tabi8217in, begitu pula tentang malam Nisfu Sya8217ban, Nabi belum pernah mengerjakannya atau menetapkannya, termasuk juga para sahabat, itu hanya ketetapan dari golongan tabi8217in ahli fiqih Syam . Demikian maksud dari Al-Hafizh Ibnu Rajab (semoga Allah melimpahkan rahmat kepadanya). Ia mengomentari, bahwa, tidak, ada, suatu, ketetapan, pun, malam, Nisfu Sya8217ban ini, baik itu dari Nabi maupun dari para shahabat. Adapun pendapat Ímã Auza8217iy tentang bolehnya (istihbab) menjalankan shalat pada malam hari itu secara individual dan penukilan Al-Hafizh Ibnu Rajab dalam pendapatnya itu adalah gharib dan dhaif, karena segala perbuatan syariah yang belum pernah ditetapkan oleh dalil-dalil syar8217iy, tidak boleh bagi seorang pun dari kaum Muslimin mengada - adakannya dalam Islam, baik itu dikerjakan secara individu ataupun kolektif, baik itu dikerjakan secara sembunyi-sembunyi ataupun terang - terangan, sebab keumuman Hadits Nabi: 8220Barangsiapa mengerjakan Suatu Amalan (dalam agama) yang tidak kami perintahkan, ia maka Tertolak.8221 Dan banyak lagi hadits-hadits yang mengingkari perbuatan bid8217a dan memperingatkan agar dijauhi. Imam Abubakar Ath-Thurthusyiy bukunya berkata dalam, 8220Al-Hawadits wal Bida8221, 8220Diriwayatkan oelh Wadhdhah dari Zaid bin Aslam berkata: kami Belum pernah melihat seorang pun dari sesepuh dan Ahli fiqih kami yang menghadiri perayaan malam Nisfu Sya8217ban, tidak mengindahkan Hadits Makhul (dhaif) Dan tidak pula memandang adanya keutamaan pada malam tersebut terhadap malam-malam lainnya. Dikatakan kepada Ibnu Malikah bahwasanya Ziad Um Numairiy berkata: Pahala yang didapat (dari ibadah) pada malam Nisfu Sya8217ban menyamai pahala Lailatul Qadar. Ibnu Malikah menjawab: Seandainya saya mendengarnya sedang di Tangan saya ada tongkat, pasti saya pukul. Ziad adalah seorang penceramah. Al-8217Allaamah Syaukani menulis dalam bukunya, Al-Fawaaidul Majmu8217ah, sebagai berikut: Hadits: 8220Wahai Ali, barangsiapa melakukan Shalat pada malam Nisfu Sya8217ban sebanyak 100 rakaat ia membaca setiap rakaat Al-Fatiha dan Qul Huwallahu Ahad sebanyak Sepuluh kali, Pasti Allah memenuhi segala Kebutuhannya8230 dan seterusnya.8221 Hadits ini adalah maudhu8217, pada lafazh-lafazhnya menerangkan tentang pahala yang akan diterima oleh pelakunya adalah tidak diragukan kelemahannya bagi orang berakal, sedangkan sanadnya majhul (tidak dikenal). Hadits ini diriwayatkan dari jalan kedu dan ketiga, kesemuanya maudhu8217 dan perawi-perawinya majhul. Dalam kitab 8220Al Mukhtashar8221 Syaukani melanjutkan. Hadits yang menerangkan shalat Nisfu Sya8217ban adalah batil. Ibnu Hibban meriwayatkan teve um dari Ali radhiallahu 8216anhu: Jika datam malam Nisfu Sya8217ban bershalat malamá dan berpuasalah pada siang harinya, adalah dhaif. Dalam buku Allaali8217 diriwayatkan bahwa: Seratus rakaat dengan tulus ikhlas pada malam Nisfu Sya8217ban adalah pahalanya sepuluh kali lipat. Hadits riad Ad Dailamiy, hadits ini maudhu8217 tetapi mayoritas perawinya pada jalan ketiga majhul dan dhaif (leman). Imam Syaukani berkata: Hadits yang menerangkan bahwa dua belas rakaat dengan tulus ikhlas pahalanya adala tiga puluh kali lipat, maudhu8217. Dan teve seu empat belas rakaat 8230 dan seterusnya adalá maudhu8217 (tidakbisa diamalkan dan harus ditinggalkan, pent). Para fuqaha8217 banyak tertipu dengan hadits-hadits di atas, seperti pengarang Ihya8217 Ulumuddin dan lainnya juga sebagian dari mufassirin. Telah diriwayatkan bahwa, shalat pada malam ini, yakni malam Nisfu Sya8217ban yang tampa tersebar ke seluruh pelosok dunia itu, semanja adalah bathil / tidak benar dan haditsnya adalah maudhu8217. Anggapan itu tidak bertentangan dengan riad Tirmidzi dari hadits Aisyah bahwa Rasulullah shalallahu 8216alaihi wasallam pergi ke Baqi8217 dan Tuhan turun ke langit dunia pada malam Nisfu Sya8217ban untuk mengampuni dosa sebanyak jumlah bulu domba dan bulu kambing. Sesungguhnya perkataan tersebut berkisar tentang shalat pada malam itu, tetapi hadits Aisyah ini lemah dan sanadnya munqathi8217 (terputus) sebagaimana hadits Ali yang disehtkatan di atas menja malam Nisfu Sya8217ban, jadi dengan jelas bahwa shalat malam itu juga lemah dasarnya. Al-Hafizh Al-Iraquiano berkata: Hadits (yang menerangkan) tentang shalat Nisfu Sya8217ban maudhu8217 dan pembohongan atas diri Rasulullah shalallahu 8216alaihi wasallam. Dalam kitab Al Majmu8217, Imam Nawawi berkata: Shalat yang sering kita kenal dengan shalat Raghaib ada (berjumlah) dua belas raka8217at dikerjakan antara Maghrib dan Isya8217 pada malam Jum8217at pertama bulan Rajab dan shalat serato rakaat pada malam Nisfu Sya8217ban. Dua shalat itu adalá bid8217ah dan mungkar. Tak boleh seseorang terpedaya oleh kedua hadits itu hanya karena telah disebutkan de dalam buku Quutul Quluub dan Ihya8217 Ulumuddin. Sebab pada dasarnya hadits-hadits tersebut batil (tidak boleh diamalkan). Kita tidak boleh cepat mempercayai orang-orang yang menyamarkan hukum bagu hased, yaitu dari kalangan Aimmah yang kemudiano mengarang lembaran-lembaran untuk membolehkan pengamalan kedua teve, dengan demikian berarti salah kaprah. Syaikh Imam Abu Muhammad Abdurrahman Ibnu Ismail al Muqadaasiy telah mengarang sebuah buku yang berharga Beliau menolak (menganggap batil) kedua hadits (malam Nisfu Sya8217ban malam Jum8217at pertama pada bulan Rajab), bersikap (dalam mengungkapkan pendapatnya) dalam buku tersebut, sebaik mungkin . Dalam hal ini telah banyak pengapat para ahli ilmu maka jika kita hendak memindahkan pendapat mereka itu, akan memperpanjang pembicaraan kita. Semoga apa-apa yang, kita sebutkan, tadi, cukup, memuaskan, bagi, siapa, saja, yang, berkeingin, untuk, mendapat, sesuatu, yang, haq. Dari penjelasan di atas tadi, seperti ayat-ayat Al-Qur8217an que beberapa hadits serta pendapat para ulama, jelaslah bagi pencari kebenaran (haq) bahwa peringatan malam Nisfu Sya8217ban dengan pengkhususan shalat atau lainnya, dan pengkhususan siang harinya dengan puasa itu semua adalah bid8217ah dan Mungkar, tidak, ada, dasar, sandarannya, dalam, syariat, ini (islamismo), bahkan, hanya, merupakan, pengada-adaan, saja, dalam, islão, seta, massa, hidromania, shahabat, radhiallahu, 8216anhu. Marilah kita ayati ayati Al-Qur8217an di bawah: 8220Artinya. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Kuridhoi islão sebagai agama bagimu.8221Al-Maidah. 3 Dan banyak lagi ayat-ayat lain yang semakna dengan ayat di atas. Selanjutnya Nabi shalallahu 8216alaihi wasallam bersabda: 8220Barangsiapa mengada-adakan sesuatu perkara dalam agama (sepeninggalku), yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak.8221 Dari Abu Hurairah radhiallahu 8216anhu, ia berkata: Rasulullah pernah bersabda: 8220Janganlah kamu sekalian mengkhususkan malam Jum8217at daripada Malam-malam lainnya dengan suatu shalat, dan janganlah kamu sekalian mengkhususkan siang hariny autk berpuasa daripada hari-hari lainnya, kecuali jika (sebelumnya) hari itu tela berpuasa seseorang di antara kamu.8221 Hadits Riwayat. Muçulmano Seandainya pengkhususan Suatu malam dengan ibadah tertentu itu dibolehkan Oleh Allah, maka bukanlah malam Jum8217at itu Lebih baik daripada malam-malam Mistos, Karena pada hari itu adalah sebaik-baik hari yang disinari matahari Hal ini berdasarkan Hadits-Hadits Rasulullah yang shahih. Tatkala Rasulullah shalallahu 8216alaihi wasallam melarang untuk mengkhususkan shalat pada malam hari itu daripada malam lainnya, hal itu menunjukkan bahwa pada malam lain pun lebih tidak boleh dikhususkan dengan ibadah terttuu, kecuali jika ada dalil shahih yang mengkhususkannya / menunjukkan atas kekhususannya. Menakala malam Lailatul Qadar malam-malam blan puasa itu disyariatkan supaya shalat dan bersungguh-sungguh dengan ibadah tertentu. Nabi mengingatkan dan menganjurkan kompaniya karaté naku, supra melaksanakannya, beliau pun juga mengerjakannya. Sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih dari Nabí Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam, bahwasanya beliau bersabda: 8220Artinya. Barangsiapa berdiri (melakukan shalat) pada bulan Ramadan dengan penuh rasa iman dan harapan (pahala), niscaya Allah akan mengampuni dosanya yang telah lewat. Dan barangsiapa berdiri (melakukan Shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan Penuh rasa iman dan harapan (Pahala), niscaya Allah akan mengampuni dosanya yang telah lewat.8221 Muttafaqun alaih Jika seandainya malam Nisfu Sya8217ban, malam Jum8217at Pertama pada bulan Rajab, serta malam Isra8217 Mi8217raj ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Nabi Muhammad shalallahu Jika memang de itu pernah terjadi, niscaya telah disampaikan oleh para shahabat kepada kita mereka tidak akan menyembunyikannya, karena mereka adalah sebaik-baik manusia dan yang paling banyak membroi nasehat setelah para nabi. Dari pendapat ulama8217 tadi e um dapat menyimpulkan bahwasanya tidak ada ketentuano apapun dari Rasulullah ataupun dari para shahabat tentang keutamaan malam Nisfu Sya8217ban dan malam Jum8217at pertama pada bulan Rajab. Dari sini kita tahu bahwa memperingati peraiaan kedua malam tersebut adalá bid8217ah yang diada-adakan dalam Islão, begitu pula pengkhususan dengan ibadah tentang adalá bid8217ah mungkar sama halnya dengan malam 27 Rajab yang banyak diyakini orang sebagai malam Isra8217 dan Mi8217raj, begitu juga tidak boleh dikhususkan dengan Ibadah ibadah tertentu selain tidak boleh dirayakan dengan ibadah ibadah terttuu selain tidak boleh dirayakan dengan ritual upacara-upacara, berdasarkan dalil-dalil yang disebutkan tadi. Demikianlah, maka jika e um sekalian sudah mengetahui, bagaimana sekarang pendapat anda Yang benar adalah pendapat para ulama8217 yang menandaskan tidak diketahuinya malam Isra8217 dan Mi8217raj secara tepat. Omongan orangã bahwa malam Isra dã Mi8217raj itu jatuh pada tanggal 27 Rajab adalá batil, tidak berdasarkan pada hadits-hadits shahih. Maka bang orang yang menatakan 8220Dan seabaik-baik suatu perkara adalah yang telah dikerjakan oleh para salaf, yang telah mendapat petunjuk. Dan sehina-hina perkara (dalam agama), yaitu perkara yang diada-adakan berupa bid8217ah-bid8217ah.8221 Allahlah yang bertanggung jawab untuk melimpahkan Taufiq-Nya kepada kita dan kaum Muslimin Semua, Taufiq untuk tetap berpegang teguh dengan sunnah dan konsisten di atasnya, Serta, waspada, terhadap, hal-hal, yang, bertentangan, dengannya, karena, hanya, Allah, yang, terbaik, dan, termulia. Semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan kepada hamba-nya dan Rasul-Nya Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam begitu pula atenas keluarga dan para shahabat beliau. Amiin. Disalin dari kitab Waspada Terhadap Bid8217ah Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Penerjemah Farid Ahmad Oqbah, Riyadh: Ar-Raisah Al-Ammah li-IdaratiAl-Buhuts Al-Ilmiah wa Al-Ifta wa Ad-Dawah wa Al-Irsyad, 1413 HSaya ingin minta pihak ustaz untuk menerangkan tentando pelaburan tukaran matawang asing dan juga perniagaan Forex. Bagaimana, pula, jaka, saya, melakukan, transaksi, sendiri, dengan, berbekalkan, analise, sendiri, atau, yang, disney, oleh, broker, dengan, melayari, internet. Kemudian memperolehi untung dari jualan dan belian matawang asing ini. Terima kasih Forex sumber kewangan keluarga Bagi menjawab soalan ini, e um peru memahami dua jenis perkara iaitu: - 1 - Melabur wang ringgit anda ke dalam satu syarikat yang memperolehi untung melalui FOREX. 2- Melantik satu platform atau syarikat untuk menjalankan jual beli wang asing dan simpan. Semua transaksi dijalankan oleh anda sendiri, syarikat hanya menyediakan plataforma dan mengambil upah perkhidmatan sahaja. Pertama. Hukum bagi melabur dalam Syarikat yang FOREX menjalankan: Forex (Foreign Exchange) atau yang Lebih dikenal dengan Perdagangan Mata wang Asing Ia merupakan Suatu Jenis perdagangan / transaksi yang memperdagangkan matawang Suatu negara terhadap matawang negara Mistos yang melibatkan pasar-pasar matawang utama di dunia Selama 24 Geléia secara berterusan. Benar, memang FOREX matawang adalah diharuskan, tetapi keharusannya tertakluk kepada sejauh mana ia menurut garis panduan yang dikeluarkan dari hadith Nabi yang sohih. Iaitu: - um - Ditukar (serah dan terima) dalam waktu yang sama ia disebut dalam hadis sebagai yadan bi yadin. Dalam bahasa inggerisnya adalah sobre a base do local. Ia datang banyak hadis antara yang paling utama adalah:. . . . . . 1611. . 1611. Ertinya. Emas dengan Emas (ditukar atau diniagakan). Perak dengan perak, gandum dengan gandum, tamar dengan tamar, garam dengan garam mestilah sama timbangan dan sukatanya, dan ditukar secara terus (pada massa saturada) dan sekiranya berlainan jenis, maka berjual-belilah kamu sebagaimana yang disukai Hadith, 11/9). B-Nabi bersabda: - 161416151614 161716141616 1618161416161615 16161617161416141616 16161611 16141614 161416141614 Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan secara serentak (muçulmano riwayat, no 1586, 3/1209) c - Manakala pembelian secara hutang dari salah satu antara dua pihak adalá haram berdasarkan hadis: - 161716141616 161416181616 1617161416141616 16161618161416161616 161416181611 Nome do arquivo original: Ertinya. Rasulullah s. a.w melarang dari menjual emas dan perak secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, n ° 2070, 2/762) Hadis-hadis di atas menyebut perihal displin Islã dalam pertukaran emas dan perak. Um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados e um banco de dados. Seus dados se referem a uma transação de syarat e de um melodias de melanias em um perak juga de TERPAKAI pada urusan transaksi matwang. Demikian keputusan Majlis Fiqh Antrabangsa dan juga Majlis Kewangan Islão Antarabangsa di bawah AAOIFI. FOREX dalam matawang yang diuruskan Oleh Syarikat konvensional sudah pasti tidak akan menjaga syarat ini kerana kebanyakan FOREX yang dijalankan Oleh institusi Konvensional adalah 8216Forward FOREX atau Forex yang menggunakan 8216Value frente (Nilai masa hadapan) yang tergolong dalam Riba Nasiah. Mereka juga kerap menggunakan SWAP, Opções de lain-lain instrumento yang tidak halal di sisi Shariah. Instrumen-instrumen tadi tidak memenuhi syarat Islam iaitu serah terima atau disebut qabadh dalam islam secara benar hakiki atau hukmi pada waktu yang sama. Masalah dalam implementasi FOREX adalá bertangguh dalam penyerahan dari kedua-dua pihak. Tatkala itu aqad menjadi batal (Radd al-Muhtar ala ad-durr, 4/531). Tidak saya nafikan, bahawa terdapat sesetengah Institusi Kewangan Islam yang melakukan forex ini setelah mendapatkan kelulusan Majlis Penasihat Shariah mereka, Namun Semua mereka hanya terlibat dalam FOREX Jenis SPOT dan bukannya Jenis 8216Forward jika adapun Jenis frente ia menggunakan konsep Al-WAD atau Unilateral Promise dan ia Telah disepakati keharusannya. Apa yang pasti, Majlis A shariah mereka telah meletakkan beberapa syarat dan bukannya secara bebas begitu sahaja. Justeru MELABUR MÓVAL (BEERTI ANDA MELABUR DAN KEMUDIAN TUNGGU UNTUNG SAHAJA) dan dalam institusi kewangan konvensional yang memperolehi untung melalui cara FOREX adalá tidak halal di sisi Islam. Ia adalah keputusan Painel Penasihat Shariah dunia yang bernaung di bawah nama Contabilidade e auditoria Organização para instituições islâmicas (AAOIFI). Antara painel penasihat Shariahnya adalá Syeikh Mufti Taqi Uthmani, Prof. Dr. Syeikh Wahbah Zuhayli, Prof. Dr. Syeikh Siddiq Dharir, Syeikh Abdullah al-Mani, Dr. Abd Sattar Abu Ghuddah, Syeikh Dr. Nazih Hammad, Syeikh Dr. Hussain Hamid Hassan, Syeikh Nizam Yaquby, Dr. Mohd Daud Bakar, Syeikh Al-Ayashi al-Sadiq Faddad, Syeikh Dr. Ajil Nashmi dan ramai lagi. KEDUA. Hukum COMERCIO DE FOREX Yang dijalankan sendiri - Bagi mengetahui hukum bagi, kentai ini, pertama-tamanya ia tertakluk kepada: - a - Kesohihan dan kewibawaan plataforma de syarikat dari sudão lesennya dan pengenalannya. Ia diperlukan bagi mengelak e um ditipu oleh plataforma syarikat yang tidak sebenar. Butiran terperinci berkenaan plataforma ini mestilah diteliti dan boleh diperolehi. Jika tidak, transaksi e um adalah syubhat dari awal lagi keran terdapat unsur gharar. B - Jika plataforma tersebut punyai wibawa dan diminuir serta informação yang sangat mencukupi, perkara kedua adalah menilai akta-akata berkaiatan dengan aktiviti ini dari badan berwajib di Malaysia. Ini perlu bagi memastikan e um tidak terlibat dengan aktiviti menyalahi undang-undang Negara. Jika yang kedua juga lulus, saya kira transaksi jual matawang como dan simpan dan kemudian jual semula apabila harga tukarannya naik adala harus kerana ia segara automaknya dilaksanakan menurut kaedah 8216spot. Namun mari kita sama-sama cuba mehami dan menyemak bagaimanas proses ini dilakukan secar ringkas dan melihat pandangan Islam tentangnya. Setakat apa yang ditherangkan oleh indivíduo yang terlibat dan yang tahu berkenaan cara forex trading memlali internet ini. Ia seperti berikut: - 1) Ia mempunyai modal mínimo. Sebagai contoh USD 1, USD 100 dan lain-lain, ia berbeza mengikut polisi syarikat forex trading masing-masing. 2) Dengan modal itu, plataforma do syarikat do pihak forex que negocía o akan do membukakan do akan do akun do akaun do akaun do ku do akaun. Seteah, itu, pihak peserta, akan, menentukan, samada untuk, membuka, kaunter, jualan, matawangnya, dalam, akaun, atau, membuka, kaunter, belian. Gambaran mudahnya adalah: - Katalah modalnya USD 100 yang dibeli dengan tukaran semasa hari tersebut USD 1 RM 3.6, dan dibuka kaunter 8216selling melalui platform syarikat tersebut. Sebagai contoh, pada esok harinya apabila dilakukan analisa terhadap pegerakan nilai matawang, napolitano USD mengukuh berbanding Ringgit iaitu USD 1 RM 4 Tatkala itu, ia akan menekan button jual USD 100 dan memperolehi RM 400. Ini bermakna iah telah beroleh keuntungan sebanyak RM 40 berbanding Harga belian asalnya tadi Mais de 40 milhões de RMs de MEXICANOS MESTILAH memasukkan seluruh RM de 400 RMR de 400 milhões de euros em moeda estrangeira, com um valor de RM de 40 milhões de euros, com uma taxa de RM de 40 milhões de RM, com um valor de RM de 360 ​​RMR de HanYa akan dimasukkan sejurus peserta menutup akaun pada Hari tersebut. Isu Shariah. Jika ini tidak berlaku, maka ia lulus dari sudut Shariah, namun jika kelewatan berlaku, isa Shariah di sini adalah berlaku penangguhan dalam penyerahan matawang ringgit. Ini menjadikan ia bergangah dengan arahan Nabi s. a.w: - Menú de leitura de denominações de meninos e meninas, Nabi e outros animais de estimação: 161416151614 161716141616 1618161416161615 16161617161416141616 16161611 16141614 161416141614 Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan secara serentak (muçulmano Riwayat, no 1586, 3/1209) Manakala pembelian secara hutang dari salah satu antara dua pihak adalá haram berdasarkan hadis: - 161716141616 161416181616 1617161416141616 16161618161416161616 161416181611 Texto original. Mostra a tradução automática Baixar Ertinya. Rasulullah viu melarang dari menjual emas dan perak secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, no 2070, 2/762) Imam An-Nawawi telah menyebut dengan terang bahawa para ulama telah bersepakat wajibnya syarat serah terima dalam satu massa atau 8216Taqabud samada secara hakiki (fizikal ) Atau hukmi (melali mediuam tetapi punyai bukti seperti resit atau nota elektronik yang menunjukkan transaski sah) (Syarah Sohih muçulmano) Cadangan. Mesti dipastikan, bahawa, semasa transkasi, jual, beli, dilakukan, kesemua, modal, dicampur, untung, dimasukkan di dalam, akaun, kita, tanga, sebarang, tangguh, dan secara automatik, juga, kita, boleh, mengeluarkan, wang, tersebut, tanga, sebarang, halangan. 3) Terdapat syarikat yang mensyaratkan mínimo modal yang tinggi seperti USD 1000 dan lain-lain jumlah. Untuk itu meroa menawarkan apa yang dinamakan alavancagem yangmana modal peserta akan digandakan. Sebagai contoh, katalah modal sebenar e um adalah USD 100. Maka e um dikehendaki memilih atau secara pilihan memlih gândano yang dikehendaki. Seperti 1. 10 Termos e Condições e Política de Privacidade Termos e Condições Política de Privacidade Termos de Uso Política de Privacidade Termos de Uso Política de Privacidade Mapa do Site Hukum Alavancagem: Takrif Alavancagem: A utilização de vários instrumentos financeiros ou de capital emprestado, como a margem, para aumentar o potencial de retorno de um investimento. A alavancagem pode ser criada através de opções, futuros, margens e outros instrumentos financeiros. Por exemplo, digamos que você tem 1.000 para investir. Este montante poderia ser investido em 10 ações da Microsoft, mas para aumentar a alavancagem, você poderia investir o 1.000 em cinco contratos de opções. Em seguida, você controlaria 500 ações em vez de apenas 10. (Rujukan) Jika benarlah apa yang saya gambarkan ini, transaksi forex menggunakan Alavanca ini adalah HARAM kerana ia dikira menjual matawang yang tidak di dalam milik anda. Milik sebenar e um hanyalah USD 100 tetapi yang dijual adalah 10.000. Ia berdasarkan apa yang disebut oleh Nabi s. a.w: 1614 161416161618 1616161816141614 Ertinya. Janganlah kamu menjual sesuatu yang tidak de dalam milikmu (Riwayat Abu Daud, no 3504, 3/283) Malah saya juga hampir pasti, wang yang digandakan olear syarikat itu dikira sebagai pemberian pinjaman dan sudah tentu mereka akan mengambil sedikit keuntungan samada diketahui atau tidak diketahui Oleer peserta. Jika ini berlaku, sekali lagi riba telah berlaku. Bagi mengelakkan perkara yang ditegah oleh Islã dari berlaku di sini, penggunaan alavanca 1: 1 sahaja yang dibenarkan. Wallahualam. 4) Diberitakan juga pihak syarikat menasihatkan pescar ágar menggunakan modalnya kurang dari 30 bagi menguangkan risiko semasa trading dijalankan. Dan jika terdapat masalah kemungkinan rugby atau apa yang dinamakan chamada de margem, pihak peserta dibenarkan untuk membuka kaunter satu lagi samada jual atau beli bagi menyeimbangkan kemungkinan rugi. Pandangan. Wallahualam, jika semunya dilaksanakan dengan jelas dan perancangan yang betul. Setakat ini saya tidak nampak adanya masala Shariah dalam tindakan ini, kerana apa yag dilakukan adalah membuka kaunter baru, kalau sebelum ini ia membuka kaunter jual sahaja, maka apabila di posisi jual didapati boleh membawa kerugian, dengan segera mebuka kaunter beli, bagi memperolehi keuntungan Pula Semuanya adalah harus jika dilaksanakan é um grupo de atas tadi, tiada alavanca, tiada tangguh, dan wang yang telah diperolehi boleh dikeluarkan pada bila-bila masa. Wallahualam. Walaupun berniaga sendiri forex dan memenuhi syarat ini boleh dikira halal, namun ia bukanlah sesuatu yang disukai oleh polisi ekonomi di dalam Islão, pertamanya kerana menurut pandangan ekonomi dalam Islão, matawang adalah meio de troca sahaja dan ia bukanlah komoditi yang wajar diniagakan bagi memperolehi untung dari Perbezaan nilainya. Kita tahu nilai matwang kini tidak lagi bersandarkan emas atau perak, wang kertas hari ini (dinheiro fiduciário) tidak mempunyai nilai tersendiri (seperti logam emas dan perak) kari nilainya datang dari pasaran global yang ditentukan oleh demanda e oferta di pasaran dunia. Justeru, menjadikan cara ini bagi membro anak dan isteri makan bukanlah satu bentuk kerjaya e yang terpuji di dalam Islam. Malásia é um sistema sistemático e sistemático para o sistema de gestão de recursos humanos. Justeru, fikirkanlah. Jika e um tidak ingin menerima padangan saya, tidak mengapa tetapi bacalah pendapat ulama besar kewangan Islã sedunia iaitu Syeikh Mufti Taqi Uthmani dalam hal ini: Moeda Forex Trading Q.) É Forex Moeda negociação halal Eu anexei um documento detalhando os aspectos do negócio. A.) Eu passei pelos documentos enviados por você. Eu sou da opinião que estas transações não são conformes com Shariah. A condição muito que você não pode tomar a entrega da moeda comprada torna inadmissível. Além disso, existem outros elementos de acordo com o meu conhecimento que torna este comércio ilegal na Shariah, tais como, vendas a prazo, vendas a descoberto, etc Isso é além do fato de que as moedas são originalmente um meio de troca e só deve ser trocada por Uso pessoal em diferentes países. Fazê-los uma mercadoria comerciável apenas para ganhar um lucro é também contra a filosofia básica da economia islâmica. Eu, portanto, não aconselhá-lo a entrar neste comércio. Adalá menjadi kewajipan bagi setiap muslimin untuk memiliki fikrah Islã yang soheh. Justeru itu setiap muslim dan muslimat perlu kembali merujuk kepada sumber asli iaitu al-Quran dan sunnah Rasulullah salallahu alaihi wassalam. Misi al-Fikrah ialah memurnikan ajaran Islam dari pencemaran aqidah-aqidah yang menyimpang, pencemaran ayat-ayat al-Quran dari takwilan dan unsur Israeliyat, pencemaran al-Sunnah dari hadis-hadis lemah dan palsu, juga pemurnian hukum-hukum fiqih, akhlak dan sistem nilai. Ini dinamakan tasyfiyah al-fikriyah. Kemudian di atas pemurnian semula Islam itu dilancarkan pula proses pembinaan (tarbiyah) generasi baru Muslim. Imam al-Muhaddith al-Albani adalah pencetus manhaj tasyfiyah dan tarbiyah salafiyah ini. Koleksi link Malaysia, sila klik. al-Fikrah. net, Al-Ahkam. net, Minda Tajdid, Hafiz Firdaus, Al-Qayyim Net, Darul Kautsar, Pertubuhan Kebajikan Al-Nidaa Koleksi link Indonesia sila klik: Darus Salaf, Al Sofwah, Isnet Tulis Dr Qaradhawy Koleksi link bahasa inggeris sila klik: Kalamullah, Dr. Bilal Philip, Islamic Tube Net, Islam Online Net Koleksi link rujukan sila klik: Quran Exploer, Sahih Bukhari, Muslim, Sunan Abu Daudcape banget hari ini8230 ntah kenapa waktu maen futsal tadi vertigo ak kambuh8230 jadi maen futsal hari ini kurang asik soalnya banyak istirahat aku hehehe8230. gak begitu lama peluit yg jaga lapangan bunyi8230 eh gak kerasa dah 1 jam8230 saatnya pulang8230 tapi kok ada yg beda ya waktu jalan pulang8230 banyak org pake baju muslim mo berbondong-bondong ke mushalla8230 eh baru ingat ak kata temenku pagi tadi8230 ni malam nispu syaban8230 ehmmmm8230 kalo ak sih kurang ngerti kek gituan8230 eittsssssssss8230 jangan mikir aku bukan muslim ya8230 I8217m proud to be a muslim8230 cuman ak dari dulu emang ga pernah ikutan puasa nispu hihhi8230 kalo dulu sih cuman ikut lingkungan aja khususnya keluargaku8230 kalo sekarang ak cuman menjalankan yg bener aja hehehe8230 maaf kalo ada yg gak setuju dan marah8230 silahkan baca tulisan dibawah ini dulu8230 hasil googling tadi. langsung copas disini8230 Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Taala telah berfirman (yang artinya) : 8220Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan nikmat-Ku dan telah Kuridhai Islam sebagai agama bagimu 8220. (QS. Al Maidah. 3). Dan Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam pernah pernah bersabda (yang artinya): 8220Barang siapa mengada-adakan satu perkara (dalam agama) yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak 8220. (HR. Bukhari Muslim) dalam riwayat Muslim (yang artinya): 8220Barang siapa mengerjakan perbuatan yang tidak kami perintahkan (dalam agama) maka ia tertolak8221. Masih banyak lagi hadits-hadits yang senada dengan hadits ini, yang semuanya menunjukan dengan jelas, bahwasanya Allah telah menyempurnakan agama ini untuk umat-Nya. Dia telah mencukupkan nikmat-Nya bagi mereka. Dia tidak mewafatkan nabi Muhammad Shalallahualaihi Wassallam kecuali setelah beliau menyelesaikan tugas penyampaian risalahnya kepada umat dan menjelaskan kepada mereka seluruh syariat Allah, baik melalui ucapan maupun pengamalan. Beliau menjelaskan segala sesuatu yang akan diada-adakan oleh sekelompok manusia sepeninggalnya dan dinisbahkan kepada ajaran Islam baik berupa ucapan ataupun perbuatan, semuanya bid8217ah yang tertolak, meskipun niatnya baik. Para sahabat dan ulama mengetahui hal ini, maka mereka mengingkari perbuatan-perbuatan bid8217ah dan memperingatkan kita dari padanya. Hal ini disebutkan oleh mereka yang mengarang tentang pengagungan sunnah dan pengingkaran bid8217ah seperti Ibnu Wadhah dan Abi Syamah dan lainnya. Diantara bid8217ah yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah bid8217ah mengadakan upacara peringatan malam nisyfu sya8217ban dan mengkhususkan hari tersebut dengan puasa tertentu. Padahal tidak ada satupun dalil yang dapat dijadikan sandaran, memang ada beberapa hadits yang menegaskan keutamaan malam tersebut akan tetapi hadits-hadits tersebut dhaif sehingga tidak dapat dijadikan landasan. Adapun hadits-hadits yang menegaskan keutamaan shalat pada hari tersebut adalah maudhu8217 (palsu). A1 Hafidz ibnu Rajab dalam bukunya 8220Lathaiful Ma8217arif 8216 mengatakan bahwa perayaan malam nisfu sya8217ban adalah bid8217ah dan hadits-hadits yang menerangkan keutamaannya adalah lemah. Imam Abu Bakar At Turthusi berkata dalam bukunya alhawadits walbida8217. 8220Diriwayatkan dari wadhoh dari Zaid bin Aslam berkata :8221kami belun pernah melihat seorangpun dari sesepuh ahli fiqih kami yang menghadiri perayaan nisyfu sya8217ban, tidak mengindahan hadits makhul (dhaif) dan tidak pula memandang adanya keutamaan pada malam tersebut terhadap malam-malam lainnya8221. Dikatakan kepada Ibnu Maliikah bahwasanya Ziad Annumari berkata: 8220Pahala yang didapat (dari ibadah ) pada malam nisyfu sya8217ban menyamai pahala lailatul qadar. bnu Maliikah menjawab. Seandainya saya mendengar ucapannya sedang ditangan saya ada tongkat, pasti saya pukul dia. Ziad adalah seorang penceramah. Al Allamah Syaukani menulis dalam bukunya, fawaidul majmuah, sebagai berikut. Hadits. 8220Wahai Ali barang siapa melakukan shalat pada malam nisyfu sya8217ban sebanyak seratus rakaat. ia membaca setiap rakaat Al Fatihah dan Qulhuwallahuahad sebanyak sepuluh kali, pasti Allah memenuhi segala 8230. dan seterusnya. Hadits ini adalah maudhu8217, pada lafadz-lafadznya menerangkan tentang pahala yang akan diterima oleh pelakunya adalah tidak diragukan kelemahannya bagi orang berakal, sedangkan sanadnya majhul (tidak dikenal). Hadits ini diriwayatkan dari jalan kedua dan ketiga, kesemuanya maudhu 8216 dan perawi-perawinya majhul. Dalam kitab 8220Al-Mukhtashar8221 Syaukani melanjutkan. 8220Hadits yang menerangkan shalat nisfu sya8217ban adalah batil8221 . Ibnu Hibban meriwayatkan hadits dari Ali. 82208230Jika datang malam nisfu sya8217ban bershalat malamlah dan berpusalah pada siang harinya8221. Inipun adalah hadits yang dhaif. Dalam buku Al-Ala8217i diriwayatkan : 8220Seratus rakaat dengan tulus ikhlas pada malam nisfu sya8217ban adalah pahalanya sepuluh kali lipat8221. Hadits riwayat Ad-Dailamy, hadits ini tidak maudhu tetapi mayoritas perawinya pada jalan yang ketiga majhul dan dho8217if. Imam Syaukani berkata. 8220Hadits yang menerangkan bahwa dua belas raka8217 at dengan tulus ikhlas pahalanya adalah tiga puluh kali lipat, maudhu8217. Dan hadits empat belas raka8217at 8230.dst adalah maudhu8221. Para fuqoha8217 banyak yang tertipu oleh hadits-hadits maudhu8217 diatas seperti pengarang Ihya8217 Ulumuddin dan sebagian ahli tafsir. Telah diriwayatkan bahwa sholat pada malam itu yakni malam nisfu sya8217ban yang telah tersebar ke seluruh pelosok dunia semuanya adalah bathil (tidak benar) dan haditsnya adalah maudhu8217. Al-Hafidh Al-Iraqy berkata. 8220Hadits yang menerangkan tentang sholat nisfu sya8217ban maudhu8217 dan pembohongan atas diri Rasulullallah Shalallahualaihi Wassallam. Dalam kitab Al-Majmu8217, Imam Nawawi berkata :8221Shalat yang sering kita kenal dengan shalat ragha8217ib berjumlah dua belas raka8217at dikerjakan antara maghrib dan isya8217 pada malam jum8217at pertama bulan rajab, dan sholat seratus raka8217at pada malam nisfu sya8217ban, dua sholat ini adalah bid8217ah dan mungkar. Tak boleh seorangpun terpedaya oleh kedua hadits tersebut hanya karena telah disebutkan didalam kitab Qutul Qulub dan Ihya8217 Ulumuddin, sebab pada dasarnya hadits-haduts tersebut bathil (tidak boleh diamalkan). Kita tidak boleh cepat mempercayai orang-orang yang menyamarkan hukum bagi kedua hadits yaitu dari kalangan a8217immah yang kemudian mengarang lembaran-lembaran untuk membolehkan pengamalan kedua hadits tersebut. Syaikh Imam Abu Muhammad Abdurrahman bin Isma8217 il Al-Maqdisy telah mengarang suatu buku yang berharga beliau menolak (menganggap bathil) kedua hadits diatas. Dalam penjelasan diatas tadi, seperti ayat-ayat Al-Qur8217an dan beberapa hadits serta pendapat para ulama jelaslah bagi pencari kebenaran (haq) bahwa peringatan malam nisfu sya8217 ban dengan pengkhususan sholat atau lainnya, dan pengkhususan siang harinya degan puasa itu semua adalah bidah dan mungkar tidak ada dasar sandarannya didalam syari8217at Islam ini, bahkan hanya merupakan perkara yang diada-adakan dalam Islam setelah masa hidupnya para shahabat. Marilah kita hayati ayat Al-Qur8217an dibawah ini (yang artinya): 8220Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan Ku-Ridhoi Islam sebagai agamamu8221. Dan banyak lagi ayat-ayat lain yang semakna dengan ayat diatas. Selanjutnya Nabi Shallallahu 8216alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): 8220Barang siapa mengada-adakan satu perkara (dalam agama) yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak8221. (HR. Bukhari Muslim). Dalam hadits lain beliau bersabda (yang artinya): 8220Janganlah kamu sekalian mengkhususkan malam jum 8216at dari pada malam-malam lainnya dengan suatu sholat, dan janganlah kamu sekalian mengkhususkan siang harinya untuk berpuasa dari pada hari-hari lainnya, kecuali jika sebelum hari itu telah berpuasa8221 (HR. Muslim). Seandainya pengkhususan suatu malam dengan ibadah tertentu itu dibolehkan oleh Allah, maka bukankah malam jum8217at itu lebih baik dari pada malam-malam lainnya, karena hari jum8217at adalah hari yang terbaik yang disinari oleh matahari. Hal ini berdasarkan hadits-hadits Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam yang shohih. Tatkala Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam telah melarang untuk mengkhususkan sholat pada malam hari itu ini menunjukkan malam yang lainnya lebih tidak boleh lagi. Kecuali jika ada dalil yang shohih yang mengkhususkannya. Manakala malam lailatul Qadar dan malam-malam bulan puasa itu disyari8217atkan supaya sholat dan bersungguh-sungguh dengan ibadah tertentu, Nabi mengingatkan dan menganjurkan kepada ummatnya agar supaya melaksanakannya, beliaupun juga mengerjakannya. Sebagaimana disebutkan didalam hadits yang shohih (yang artinya): 8220Barang siapa melakukan sholat pada malam bulan ramadhan dengan penuh rasa iman dan mengharap pahala niscaya Allah akan mengampuni dosanya yang telah lewat. Dan barangsiapa yang melakukan sholat pada malam lailatul Qadar dengan penuh rasa iman niscaya Allah akan mengampuni dosa yang telah lewat8221 (Muttafaqun 8216alahi). Jika seandainya malam nisfu sya8217ban, malam jum8217at pertama pada bulan rajab, serta malam isra8217 mi8217raj diperintahkan untuk dikhususkan dengan upacara atau ibadah tertentu, pastilah Rasululah Shalallahualaihi Wassallam menjelaskan kepada ummatnya atau menjalankannya sendiri. Jika memang hal ini pernah terjadi, niscaya telah disampaikan oleh para shahabat kepada kita, mereka tidak akan menyembunyikannya, karena mereka adalah sebaik-baik manusia dan yang paling banyak memberi nasehat setelah Rasululah Shalallahualaihi Wassallam. Dari pendapat-pendapat ulama tadi anda dapat menyimpulkan bahwa tidak ada ketentuan apapun dari Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam ataupun dari para sahabat tentang keutamaan malam malam nisfu sya8217ban dan malam jum8217at pertama pada bulan Rajab. Dari sini kita tahu bahwa memperingati perayaan kedua malam tersebut adalah bidah yang diada-adakan dalam Islam, begitu pula pengkhususan dengan ibadah tertentu adalah bid8217ah mungkar sama halnya dengan malam 27 Rajab yang banyak diyakini orang sebagai malam Isra dan Mi8217raj, begitu juga tidak boleh dirayakan dengan upacara-upacara ritual, berdasarkan dalil-dalil yang disebutkan tadi. (Diringkas/ disadur dari kitab Tahdzir minul bida8217 karya Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Oleh An Nafi8217ah dan redaksi). makasih dah mo jalan2 ke blog aku8230 8230 kalo masalah copas itu8230 ya saat ini ak cuman bisa itu aja8230 mencari referensi langsung ak publish8230 karena otakku belum kuat buat menghapal hadist28230 apalagi dengan segala penjelasannya8230 walapun dengan kondisi seperti itu8230 aku juga ingin berbagi pada banyak orang8230 btw dakwah bukan kewajiban ulama aja tapi semua orang muslim8230 tentunya dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan yg dimiliki8230 Gak bisa puasa itu, kebetulan pas libur ivonie. makasih dah berkunjung8230 Ane kaga puasa juga bro8230. kebetulan nga niat dan salah satunya karena hadist-hadist di atas. Banyak orang mengatakan itu puasa pemutihan. Wieh8230. enak banget ya8230. katanya 8220dosa-dosa kita dihapuskan,8221 udah kayak Pajak kenderaan bermotor82308230. pake pemutihan. Tapi alasan kuatnya tidak ikut-ikutan karena belum ada panggilan. hehehe syafwan. nunggu panggilan apa ni hahhahaha8230 kalo nyangkut nispu. miris bgt ak denger kata temenku kalo puasa nispu pahalanya sama dengan puasa satu bulan8230 dia bilang puasa nispu harus dilakukan biar puasa bln ramadhan walaupun ada bolong ga papa8230 hehehehe8230 aneh2 aja ya sebenernya gimana ya, tapi klomenurut saya lebih baik piasa aja deh, hehe, kan dapat pahala, blognya simple tapi powerfull mas, salam kenal8230.. Thanks for the nice post Refrensi yang aku cari banget deh ini. Bakal aku tunjukin ke temen temen aku (walaupun pasti ngga di percaya, sih :D) Aku memang ga pernah puasa ini, tapi temen guru aku pada puasa ini, yah biarin aja deh kepercayaan orang yang penting aku gak ikutan (egois) :p masih muda, punya pemikiran seperti itu.. salut gan.

No comments:

Post a Comment